Pijat Laktasi agar ASI Lancar dan Banyak Sejak Kehamilan Usia 5 Bulan

1495148166308_crop_948x213Pijat Laktasi agar ASI Lancar dan Banyak Sejak Kehamilan Usia 5 Bulan

Mekanisme produksi ASI sudah terjadi sejak usia kehamilan menginjak bulan ketiga. Pada saat itu, tubuh sudah mulai memproduksi hormon-hormon yang menstimulasi munculnya ASI. Di bulan ke-5 dan ke-6 kehamilan, ASI sudah siap diproduksi. Banyak ahli kesehatan yang menyarankan ibu hamil melakukan pijat laktasi pada usia kandungan sudah lima bulan. Tujuan dari pijat itu adalah agar sistem payudara bisa lebih siap untuk melakukan proses laktasi sehingga tidak ada kendala sewaktu menyusui

Pijat laktasi memang bisa dilakukan sendiri oleh ibu, namun ada baiknya jika meminta bantuan orang lain. Ibu bisa meminta bantuan konsultan laktasi atau suami agar hasilnya maksimal. Mungkin untuk area payudara bisa saja dilakukan sendiri, untuk area lain sebaiknya dilakukan orang lain. Kalau kalau memijat sendiri tidak semaksimal orang lain yang mengerjakan.
wp-1450550377103.jpg

Cara pijat ASI Laktasi

    1. sebelum dipijat, si ibu diminta menanggalkan pakaian dan bra agar mempemudah pemijatan
    2. Kompres kedua payudara dengan menggunakan air hangat.
    3. Lumuri bagian tubuh yang akan dipijat dengan olive oil. Tak cuma olive oil, minyak yang bisa digunakan untuk memijat ada beberapa macam lainnya yakni minyak almond, virgin coconut oil (VCO), dan cocoa butter.
    4. Bagian yang dipijat adalah Kepala, leher, bahu, punggung, dan payudara. Jadi pertama-tama, lakukan pemijatan di kepala, leher, dan bahu.
    5. Setelah itu baru dilakukan pemijatan pada bagan payudara. Bersihkan puting payudara yang kotor dengan kain kasa yang diberi baby oil agar saluran tidak tersumbat.
    6. Lakukan pemijatan dengan lembut, sehingga ibu merasa tenang. Lalu lanjutkan pemijatan pada punggung dan bahu.
    7. Pemijatan pada payudara dilakukan dengan cara pemijatan melingkar atau butterfly stroke juga dilakukan untuk menstimulasi payudara.
    8. Jari memijat ke arah areola di sekitar puting payudara selama beberapa menit
    9. Pijat puting dan areola perlahan ke atas ke bawah ke kanan dan ke kiri sebanyak 5-6 kali di masing-masing payudara dengan durasi (5-10 menit).
    10. Tempatkan kedua telapak tangan di antara kedua payudara, kemudian urut ke samping dan ke bawah melintang hingga tangan menyangga payudara. Kemudian ke atas sambil lepaskan dari payudara. Lakukan 5 hingga 20 kali.
    11. Telapak tangan kiri menopang payudara sebelah kiri dan jari-jari tangan saling dirapatkan. Kemudian sisi tangan kanan yang sejajar dengan jari kelingking mengurut payudara dari pangkal ke arah puting. Demikian pula payudara kanan.
    12. Telapak tangan kiri menopang payudara, kemudian jari tangan kanan dikepalkan kemudian buku-buku jari tangan kanan mengurut dari pangkal ke arah puting. Dianjurkan untuk melakukan ritual pijat laktasi ini rutin setiap hari

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s